Profile Perusahaan

PT. BII Finance Center (BII FC) didirikan tanggal 13 Februari tahun 1991, berdasarkan akta No. 163 yang dibuat dihadapan Richardus Nangkih Sinulingga, SH, Notaris di Jakarta sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha anjak piutang, sewa guna usaha, pembiayaan konsumen dan kartu kredit (multi finance). Perusahaan mengalami perkembangan yang cukup baik, dalam periode tahun 1993 sampai 1995 mampu membukukan pertumbuhan pendapatan sebesar 283% dari Rp. 4,8 Milyar pada tahun 1993 menjadi Rp. 32,2 Milyar pada tahun 1995 dengan Laba bersih tahun 1995 mencapai Rp. 6,7 Milyar atau meningkat 379% dan tahun 1993. Pada periode yang sama, total aset meningkat sekitar 34% dan Rp. 139,2 Milyar pada tahun 1993 menjadi Rp. 185,9 Milyar pada tahun 1995. Tahun 1996 total aset meningkat hingga mencapai Rp. 252,3 Milyar dan pada tahun 1997 sebesar Rp. 422,3 Milyar.

Kepemilikan dan Kepengurusan

Kepemilikan saham BII FC, 99,99% dimiliki oleh PT. Bank Internasional Indonesia, Tbk (BII) dan sisanya oleh Yayasan Dana Pensiun BII. BII FC dikelola oleh Dewan Direksi dan dibawah pengawasan Dewan Komisaris. Anggota Dewan Direksi dan Dewan Komisaris dipilih untuk masa 3 tahun oleh para pemegang saham.

Aktivitas Usaha

BII FC memiliki ijin usaha untuk bergerak dalam bidang anjak piutang, sewa guna usaha, pembiayaan konsumen dan kartu kredit. Pada awalnya perusahaan hanya bergerak dalam bidang anjak piutang (Factoring), kemudian pada tahun 1993 perusahaan mulai menjalankan kegiatan sewa guna usaha (Leasing) dan disusul pada tahun 1996 kegiatan pembiayaan konsumen yang khusus membiayai produk Mobil dan Motor. Dalam bidang anjak piutang, selain menawarkan anjak piutang dalam negeri, BlI FC juga menawankan anjak piutang internasional yang dimungkinkan setelah keikutsertaannya pada Factor Chain International (FCI) pada tahun 1994. Dengan keikutsertaan BII FC menjadi salah satu anggota FCI telah membeni peluang besar bagi BII FC untuk mengetahui standard internasional, pengalaman yang didapat dan anggota lainnya dan juga untuk mendapatkan hubungan usaha dengan dunia internasional. Keanggotaan tersebut merupakan nilal tambah untuk BII FC marketing dan sumber usaha internasional.